Minggu, 03 Juni 2012

Perekaman Data E-KTP

Sudah lama menunggu undangan untuk rekam data ktp elektronik. Teman teman yang tinggal di Depok 2, Cibinong bahkan di Cimanggis kelurahan harjamukti juga sudah merekam sejak tahun lalu, tapi di tempat tinggal saya belum ada kabar soal hal ini. Sampai akhirnya Kamis, 3 Mei 2012 sekitar jam 8 pagi, bapak sekertaris RT saya datang kerumah memberi undangan perekaman data ktp elektronik. Akhirnya... :D
Dalam undanga tersebut jadwal keluarga saya merekam tanggal 4 Mei 2012. Sip lah... abis praktikum I-Lab bisa langsung ke kelurahan curug tempat dimana saya 
Akhirnya, setelah saya selesai praktikum i-Lab jam 8.30, saya bergegas pulang untuk pergi ke kelurahan curug. ssesampainya di rumah kakak saya belum siap siap, jadi harus nunggu dia siap siap dulu rrrrr lama -_-
akhirnya 10.40 kami berangkat. Karena jarak rumah dengan kelurahan tidak terlalu jauh, dan cara kakak bawa motornya kaya orang kebelet alias ngebut, jadi gak sampe lima menit sampe di kelurahan. begitu sampai, motor diparkir dan kami masuk ke dalam. Yang pertama di lakukan adalah mendaftar di meja pendaftaran yang kebetulan anak PKL yang melayani di meja pendaftaran. Di meja pendaftaran kami nulis nama, alamat dan tanda tangan serta menyerahkan undangan dan ktp. kemudian kamu menunggu di ruang tunggu. Di sana kami bertemu pak rt dan ibu, mama naila dan papa naila, mba ika, dan tetangga lainnya yang saya lupa namanya hehe
setelah menunggu sekitar 20 menit,akhirnya kami pun di panggil petugas di kelurahan masuk ke sebuah ruangan untuk merekan data. Berikut adalah step-step perekaman data:
  1. Duduk di bangku yang telah di sediakan di depan operator yang dibelakangnya sudah tersedia background merah dan biru untuk foto nanti. Merah untuk yang kelahiran tahun ganjil dan biru untuk yang kelahiran tahun genap
  2. Mencocokan data. Operator akan mencocokan data diri kita di KTP seperti nama, tempat tanggal lahir, golongan darah, pekerjaan, status, dan alamat agar tidak terjadi kesalahan pengetikan.
  3. Foto.  Karena saya kelahiran tahun genap (1992) maka saya menggunakan background biru
  4. Tanda tangan pertama
  5. Rekam sidik jari, dimulai dari 4 jari kanan, 4 jari kiri kemudian 2 jempol secara bersamaan
  6. Rekam iris mata. Merekam iris mata ini menggunakan alat seperti teropong tapi ukurannya lebih besar. Saat merekam, mata kita harus di buka lebar (melotot)
  7. Rekam sidik jari telunjuk kanan.
  8. Tanda tangan kedua
  9. Selesai, dan saya diperbolehkan pulang
Sekarang tinggal menunggu KTP Elektroniknya jadi. Tapi itu entah kapan jadinya. Semoga program pemerintah ini berjalan sesuai rencana dan gak di korupsi lagi biar cepet selesai hehehe :D

0 komentar:

Poskan Komentar