Kamis, 05 Januari 2012

Pembiayaan Gadai Emas di Bank Syariah Cukup Tinggi

INILAH.COM, Jakarta - Pembiayaan gadai emas di bank syariah diperkirakan mencapai Rp6,1 triliun hingga September 2011 dari periode Desember 2010 sebesar Rp1,8 triliun.

Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia (BI), Mulya Siregar menilai, pembiayaan gadai emas di bank syariah memang meningkat signifikan. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan signifikan pembiayaan gadai emas menjadi Rp6,1 triliun hingga September 2011 dari periode Juli 2011 sebesar Rp2,4 triliun.

"Jumlah pembiayaan gadai emas di bank syariah dari periode Desember 2010 sebesar Rp1,8 triliun lalu tumbuh menjadi Rp2,4 triliun hingga Juli 2011, dan kemudian meningkat signifikan menjadi Rp6,1 triliun hingga September 2011," ujar Mulya, Kamis (5/1).

Lebih lanjut ia menuturkan, jumlah rekening data gadai emas sekitar 137.272 per November 2011. Meski pembiayaan gadai emas di bank syariah cukup tinggi, total portofolio gadai emas di bank syariah hanya sekitar 6,5%.

Mulya mengatakan, pihaknya akan memberikan surat pembinaan bagi bank syariah yang memiliki pembiayaan gadai emas tinggi tetapi bukan untuk kebutuhan mendesak. Selama ini ada kekhawatiran fasilitas gadai emas banyak digunakan untuk berspekulasi dengan harga emas sebagai solusi keuangan jangka pendek.

"Kita berikan surat pembinaan untuk melakukan penyesuaian bukan surat edaran," kata Mulya.

Selain itu, Bank Indonesia akan melakukan pembatasan pemasaran dan mengetahui tujuan penggunaan dengan know your customer untuk menghindari spekulasi transaksi gadai emas. Dengan know your customer dan mengetahui tujuan penggunaan untuk gadai emas tersebut diharapkan transaksi gadai emas dapat kembali ke tujuan semula untuk usaha produktif.

Untuk memastikan, tujuan penggunaaan gadai emas tersebut untuk usaha produktif, Bank Indonesia menyiapkan pengawas. "Ada pengawas dan sekarang lagi berbenah untuk menyesuaikan. Apakah benar sudah melakukan penyesuaian dan kami akan pastikan pembiayaan gadai emas tersebut," tutur Mulya.

Bank Indonesia juga akan memberikan surat edaran pada akhir Januari 2012 untuk pembiayaan gadai emas di bank syariah. "Peraturan gadai emasi itu nanti dalam bentuk surat edaran, dan akan dikeluarkan pada akhir Januari 2012," tegas Mulya. [hid]

Sumber:
Pembiayaan Gadai Emas di Bank Syariah Cukup Tinggi - ekonomi.inilah.com

1 komentar:

uii profile mengatakan...

Thanks for providing such a great article, it was excellent and very informative.
as a first time visitor to your blog I am very impressed.
I found a lot of informative stuff in your article. Keep it up. Thank you.
I introduce a Economics student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

twitter : @profiluii

Poskan Komentar