Rabu, 04 Januari 2012

Harga Pokok Produk Bersama dan Sampingan

Definisi Biaya Bersama

Biaya bersama dapat diartikan sebagai biaya overhead bersama (joint overhead cost) yang harus dialokasikan ke berbagai departemen, baik dalam perusahaan yang kegiatan produksinya berdasarkan pesanan maupun secara masa.

Biaya produk bersama (joint product cost) adalah biaya yang dikeluarkan sejak saat mula- mula bahan baku diolah sampai dengan saat berbagai macam produk dapat dipisahkan identitasnya. Biaya produk bersama terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik.

Tujuan alokasi biaya bersama adalah untuk PENGHITUNGAN LABA agar diketahui kontribusi masing-masing produk bersama terhadap seluruh laba yang diperoleh perusahaan

Biaya bersama yang dikeluarkan untuk mengolah Bahan Baku menjadi berbagai
macam produk berupa:

11.      Produk Bersama (Joint product) adalah beberapa produk yang dihasilkan dari suatu rangkaian proses produksi secara  serentak dengan menggunakan BBB, BTK dan BOP yang sama yang tidak dapat dilacak atau dipisahkan pada setiap produk dan mempunyai nilai jual atau kuantitas produk relatif sama
22.      Produk Sampingan (by-product) adalah produk yang nilai jualnya lebih rendah yang diproduksi bersama produk lain yang nilai jualnya lebih tinggi.
33.      Produk Sekutu (co-product) adalah dua produk atau lebih yang diproduksi pada waktu yang bersamaan tetapi tidak dari kegiatan pengolahan yang sama atau tidak berasal dari BB yang sama. (Sawmill/penggergajian kayu)

Karakteristik Produk Bersama

·         Produk bersama merupakan tujuan utama kegiatan produksi.
·         Harga jual produk bersama relatif tinggi bila di bandingkan dengan produk sampingan yang dihasilkan pada saat yang sama.
·         Dalam mengelola produk bersama tertentu, produsen tidak dapat menghindari diri untuk menghasilkan semua jenis produk bersama, jika ingin memproduksi hanya salah satu diantara produk bersama tersebut.

Ciri Produk Bersama

·         Mempunyai hubungan fisik yang erat, jika ada tambahan kuantitas untuk unit produksi yang lain, maka kuantitas produk yang lain akan bertambah secara proporsional.
·         Nilai produk sama
·         Ada titik pisah/split off masing-masing jenis produk yang dihasilkan dari BBB, BTK dan BOP yang telah dinikmati bersama-sama.
·         Setelah Split off produk berdiri sendiri mungkin langsung dijual atau diproses lebih lanjut untuk mendapatkan produk yang lebih menguntungkan

Definisi Produk Sampingan

Produk sampingan adalah suatu produk atau lebih yang nilai jualnya relatif lebih rendah, yang di produksi bersama dengan produk lainnya yang nilai jualnya jauh lebih tinggi.

Karakteristik Produk Sampingan
·         Produk sampingan yang dapat dijual setelah terpisah dari produk utama, tanpa memerlukan pengolahan lebih lanjut.
·         Produk sampingan yang memerlukan pengolahan lebih lanjut setelah terpisah dari produk utama.

Sumber:
Kelompok Akuntansi Biaya || Aprilia Lestari, Dendy Raharjo, Febiola Chelsea, Lindy Amelia, Praditha Sari, Putri Adlina, Rina Hayani, Siti Setiyaningsing, Urai Zakiah || 2EB12

0 komentar:

Poskan Komentar