Rabu, 22 Desember 2010

Proses Pembelian Produk

Proses Pembelian Produk

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan tersebut dapat berbentuk barang ataupun jasa. Dalam setiap pengambilan keputusan pembelian suatu barang harus di perhatikan barang apa yang menjadi prioritas dan juga jumlah uang yang di butuhkan.
Berikut ini adalah Tahap-tahap Proses Pembelian Produk:
  1. Menganalisis keinginan dan kebutuhan
  2. Menilai beberapa sumber
  3. Menetapkan tujuan pembelian
  4. Mengidentifikasi alternatif pembelian
  5. Mengambil keputusan untuk membeli
  6. Perilaku sesudah


Contoh Kasus
Deny (18) adalah seorang Mahasiswa Baru di sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta dan juga seorang karyawan muda. Karena baru menginjak dunia perkuliahan dan dunia karir, Deny pun mempunyai kebutuhan baru yang di perlukan di perkuliahan dan di pekerjaannya, yakni laptop. Setelah 4 bulan bekerja, uang hasil kerjanya selama 4 bulan ini sudah disisihkan untuk di belikan 1 unit laptop. Sebelum memutuskan membelinya, Deny pun mencari informasi-informasi kepada teman tentang rekomendasi laptop yang bagus serta terjangakau untuknya. Selain itu juga dia sudah datang ke pameran laptop murah di kawasan Jakarta Selatan untuk mencari cari laptop yang cocok untuknya.
Awalnya Deny hanya mempunyai dan mempergunakan Komputer Personal (PC) untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah ataupun hanya sekedar online dan main games. Kemudian barulah Deny mencari merk dan tipe laptop yang sesuai untuknya. Laptop ini akan di pergunakan Deny untuk mengerjakan pekerjaan kantornya, tugas kuliah dll. Deny lebih memilih Laptop dibanding membeli PC yang baru karena Laptop lebih praktis untuk di bawa kemana-mana di banding PC yang hanya bisa di letakkan di rumah.
Keunggulan laptop yang diinginkan Deny adalah yang mendukung Windows 7 , Microsoft Office 2007 , batre tahan lama , Wifi , memory cukup besar , ukuran 10 inchi dan harganya terjangkau. Dan Deny memiliki dua pilihan alternatifnya yaitu Acer AspireOne D260 dengan HP Mini 100 . setelah di banding bandingkan , pilihannya jatuh pada Acer AspireOne D260. Walaupun harganya tidak beda jauh, Deny memili Acer karena sudah mendukung Windows 7 seperti yang dia inginkan. Dan langsunglah Deny menuju toko laptop di sebuah pusat perbelanjaan di bilangan Jakarta untuk segera merealisasikan keinginannya tersebut. Deny membelinya dengan cara membayar cash, hasil tabungan dari gaji selama 4 bulan yang dia sisihkan itu.
Setelah Deny mendapatkan apa yang diinginkannya, dia pun langsung mencoba dan menambah software-software dan aplikasi-aplikasi yang dia perlukan. Deny ternyata telah menjalankan sebuah proses pembelian produk dalam pencarian berang yang menjadi keinginannya.

0 komentar:

Poskan Komentar