Senin, 08 November 2010

Framework Marketing Modern Fatigon Hydro+


Dalam framework marketing modren, marketing (pemasaran) di bagi menjadi 3, yaitu:
1.       Strategy
Yaitu cara untuk agar memenangkan atau berhasil dalam pemasaran. Ada 3 jenis strategi yang harus dilakukan. Yaitu:
a)       Segmentasi
1)        Segmentasi Demografi
Fatigon Hydro+ dapat di konsumsi oleh pria dan wanita serta anak-anak dari usia 7 tahun sampai lebih dari 50 tahun. Karena sangat aman di konsumsi
2)        Segmentasi Psikografis
Fatigon Hydro+ sangat cocok untuk semua orang yang memiliki aktifitas yang padat. Dan sangat cocok untuk olahragawan
3)        Segmentasi Geografi
Produk Fatigon Hydro+ ini biasa dapat d temukan di warung-warung, mini market, supermarket, di dekat stadion atau gedung olahraga, di stand pameran, dan lain-lain.
4)        Segmentasi Benefit
Konsumen dapat memperoleh banyak manfaat dari mengkonsumsi Fatigon Hydro+ yaitu ion tubuh yang hilang karena telah beraktifitas yang cukup menguras tenaga akan kembali lagi dan akan menjadi semangat lagi. Selain itu tubuh akan mendapat Natrium, Kalium, Magnesium, Kalsium, Vitamin B3, B5, B6 dan Protein.
5)        Segmentasi Pengguna
Fatigon Hydro+ dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Dari mulai menengah kebawah, menengah, serta menegah atas karena harganya yang cukup terjangkau
6)        Segmentasi Respon Promosi
Perusahaan melakukan promosi di berbagai tempat untuk menaikan penjualan dan agar calon konsumen semakin mengetahui produk ini dan menjadi konsumen.



b)       Targeting
Target pemasaran untuk memasarkan produk ini adalah kepada olahragawan, anak-anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantoran, buruh, supir dan segala macam profesi. Dan untuk segala usia dari mulai balita, anak-anak sampai umur 12tahun, remaja sampai 18tahun, hingga dewasa dan lansia karena sangat aman dikonsumsi segala usia dan segala gender. Bahkan ibu hamil juga aman mengkonsumsi Fatigon Hydro+. Aman juga dikonsumsi oleh penderita maag, diabetes dan penyakit lainnya. Karena dalam melakukan segala aktivitas pekerjaan, manusia mengeluarkan cairan dalam tubuh. Jika tidak digantikan dengan cairan lagi, maka akan terjadi yang namanya dehidrasi. Maka Fatigon Hidro+ dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

2.       Tac Tic
Yaitu bagaimana cara untuk menembus pasar. Ada 3 macam tac tic. Yaitu:
1)       Selling
Jika sebelumnya varian rasa dari Fatigon Hydro+ hanya rasa Original Coco Water, maka perusahaan menambah varian rasa baru dengan inovasi baru juga yaitu dengan menambah ekstrak jeruk dalam Fatigon Hydro+ sehingga menjadi satu inovasi rasa baru yaitu rasa Fatigon Hydro+ Coco Orange.

2)       Marketing Mix
Keputusan pemasaran utama manajemen dapat digolongkan dalam salah satu dari empat kategori berikut:
a.        Product
Fatigon Hydro+ dikemas dengan kemasan karton, sehingga dapat menjaga rasa asli dari kelapa. Dengan penampilan yang menarik juga dapat menarik minat calom konsumen menjadi konsumen. Dan dengan bentuk yang praktis dibawa kemana-mana
b.        Price
Fatigon Hydro+ dijual dengan harga yang sangat ekonomis yaitu hanya dengan harga Rp. 3.700,- bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas.

c.         Place
Fatigon Hydro+ dapat dijumpai di warung-warung pinggir jalan, mini market, super market, kantin-kantin, tempat olahraga, sekolah, kantor, dan lain-lain.
d.        Promosion
Untuk mendekatkan produk dengan konsumen perusahaan Fatigon Hydro+ melakukan berbagai cara promosi yaitu seperti mengadakan promosi di sekolah-sekolah, kampus-kampus, kantor bahkan membuat stand pameran di berbagai tempat pameran seperti stand di Pekan Raya Jakarta (PRJ). Selain itu juga memberikan permainan-permainan yang menarik dengan hadiah yang menarik juga untuk memikat pembeli. Bahkan dengan cara mensponsori acara-acara di televisi, radio, acara daerah, sekolah, kampus dan masih banyak lagi.

3)       Diferensiasi
Banyak produk sejenis dengan Fatigon Hydro+ dengan merek yang berbeda. Saya ambil contoh Pocari Sweat. Dalam rasa, Fatigon Hydro+ lebih terasa original dari air kelapanya tanpa ada rasa kecut. Sedangkan Pocari Sweat sangat terasa kecut bila diminum. Untuk harga, Fatigon Hydro+ lebih murah dibanding Pocari Sweat dengan manfaat yang jauh lebih banyak Fatigon Hydro+ di banding Pocari Sweat.

3.       Value
1)       Brand
Fatigon Hydro+ adalah merek minuman isotonik alami dari perusahaan KALBE Farma. KALBE Farma dalah perusahaan yang membuat obat, vitamin, supplemen,  dan minuman kesehatan yang sudah terpercaya menggunakan bahan-bahan alami. Sehingga sudah pasti Fatigon Hydro+ dibuat dari bahan-bahan alami sehingga aman dikonsumsi
2)       Proses
Fatigon Hydro+ dibuat dengan proses yang higienis, di tempat yang bersih dengan alat-alat canggih dan steril dari kuman. Dan juga buruh yang membantu pembuatan ataupun pengemasan sudah memakai baju sterilisasi dan sudah di pastikan bersih dari kuman.
3)       Service
Dalam pemasaran, pelayanan merupakan faktor penting untuk menunjang kesuksesan pemasaran. Jika pelayanan yang di berikan memuaskan pembeli, maka pembeli akan merasa puas dan bahkan akan menjadi pelanggan tetap. Sebaliknya jika pelayanan yang tidak memuaskan maka pelanggan akan enggan untuk datang kembali membeli barang atau jasa yang di tawarkan.




0 komentar:

Poskan Komentar